Senin, 02 Januari 2012

TUGAS SOFTSKIL AKHIR SEMESTER 1

02/01/2012
TUGAS SOFTSKILL
NAMA       : ANDI SETIAWAN
NPM           : 10211747
KELAS       : 1EA24



SUMATERA UTARA
KOTA BERASTAGI KABUPATEN KARO
Sasaran : Suku Karo

·        Lokasi geografis & budaya sehari-hari
Kabupaten Karo adalah salah satu Kabupaten di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Suku Karo adalah suku asli yang mendiami Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Nama suku ini dijadikan salah satu nama kabupaten di salah satu wilayah yang mereka diami (dataran tinggi Karo) yaitu Kabupaten Karo. Mayoritas suku Karo bermukim di daerah pegunungan, tepatnya di daerah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak yang sering disebut sebagai  "Taneh Karo Simalem". Masyarakat Karo tidak pernah terlepas dari kehidupan pertanian. Mayoritas penduduk Suku Karo adalah petani. Selain pertanian sebagai kegiatan ekonomi subsisten juga sebagai kegiatan pertanian profit
 Sejumlah sekolah di Kabupaten Tanah Karo belum mendapat aliran/penerangan listrik dari PLN, Kepala SMPN3 Barus Jahe, Johari Barus, kepada wartawan Senin (31/1), di Kabanjahe, mengatakan, sepengetahuannya, pemasangan jaringan listrik sudah dibangun sejak November 2010 di sekitar sekolah, seperti tiang dan lampu di beberapa titik. Namun, sampai kini belum tersambung ke sekolah.
Kondisi yang sama juga diungkapkan Kepala SMPN 1 Juhar, Lekton Sitepu. Menurutnya, walau di sekitar sekolahnya ada penambahan tiang listrik, namun belum juga tersambung ke sekolahnya. “Kita ketahui bersama bagaimana pentingnya arus listrik untuk kegiatan belajar-mengajar,” ujarnya.


·        Tujuan (pelajaran yang akan diajarkan)
Saya berminat mengajarkan atau membimbing pada mata pelajaran PKN (Pendidikan Kewarga Negaraan), saya memilih PKN agar masyarakat suku Karo dapat lebih mengenal sekaligus mencintai negara dan arti dari pancasila. Tidak hanya itu, pelajaran PKN juga dapat mempelajari tantang tatakrama dan sopan santun antar sesama makhluk hidup.


·        Rencana Kerja
Rencana kerja saya atau cara saya mengajar disana yaitu terutama kita mulai dari hal-hal yang sederhana seperti :
1.      Upacara Bendera, yang didalamnya berisi naskah pancasila, UUD 1945 dan lagu  Indonesia Raya
2.      Membingbing anak-anak suku dengan bertata bahasa yang sopan dengan bahasa Indonesia yang baik
3.      Mengajarkan berperilaku sopan kepada orang yang lebih tua, disiplin tata tertib sekolah dan tepat waktu dalam masuk kelas.
4.      Memberi sedikit hadiah (makanan kecil) bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
5.      Memberikan sedikit pelajaran moral maupun moril kepada Tuhan YME

·         Wujud yang ingin dicapai
Diri sendiri              : Kepuasan hati jiwa dan nurani apabila berhasil membimbing anak-anak suku Karo untuk lebih mengenal bangsa negara dan pancasila. Salah satu anak bangsa yang baik yaitu bisa mengenal bangsanya sendiri dari pada bangsa lain.
Masyarakat karo      : Bisa saling menghormati dan menghargai antar suku, lebih banyak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan dapat bersosial dengan baik dan kompak. Karena kebersamaan atau kekompakan adalah salah satu benteng keberhasilan mufakat.











SUMBER :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar